Jangan Makan Makanan Berjamur, Itu Adalah yang Paling Berbahaya Bagi Tubuh Manusia!

Erabaru.net. Makanan berjamur dapat terus dimakan setelah menghilangkan noda jamur dan dipanaskan pada suhu tinggi? Mungkin Anda harus tahu tentang racun yang disebut ‘aflatoksin!

Banyak orang paruh baya dan lanjut usia yang telah merasakan ‘kehidupan keras’ memiliki kebiasaan menimbun makanan dan menabung.

Ketika makanan memburuk karena penyimpanan yang tidak tepat, orang enggan membuangnya, berpikir bahwa hanya perlu membersihkan bagian yang berjamur, dan kemudian mulai memanaskannya pada suhu tinggi atau menjemuar di bawah sinar Matahari, dan bakteri yang terkandung di dalamnya bisa dibunuh, tapi rasanya hanya lebih buruk!

Tapi makanan berjamur lebih dari itu, menghasilkan zat yang sangat beracun -aflatoksin.

Makanan yang disimpan dalam lingkungan yang gelap dan lembab untuk waktu yang lama, mudah untuk menghasilkan jamur koji kuning, jamur koji parasit dan zat lainnya, terutama biji-bijian dan kacang-kacangan dengan kandungan pati yang tinggi lebih mungkin untuk berkembang biak zat tersebut, dan mereka metabolitnya adalah aflatoksin.

Aflatoksin adalah yang paling beracun dan paling berbahaya bagi tubuh manusia di antara semua mikotoksin, dan toksisitasnya bahkan 68 kali lipat dari arsenik.

Hati merupakan organ yang mendetoksifikasi dan memetabolisme tubuh manusia, racun yang masuk ke dalam tubuh manusia dan diproduksi sendiri pada dasarnya perlu diurai dan dimetabolisme oleh hati.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker dari Organisasi Kesehatan Dunia telah mendaftarkan aflatoksin sebagai karsinogen Kategori 1.

1 mg aflatoksin dapat mencapai dosis karsinogenik. Paparan jejak jangka panjang, kemungkinan mengembangkan kanker hati juga akan meningkat pesat!

Apalagi yang lebih menakutkan adalah berbeda dari racun lainnya, setelah jamur di permukaan makanan, aflatoksin benar-benar merambah ke dalam makanan.

Bahkan setelah paparan sinar Matahari jangka panjang dan pemanasan suhu tinggi berulang kali, aflatoksin tidak akan terbunuh, dan ketahanan suhu tinggi sangat kuat. Bakteri mati hanya dapat terjadi pada suhu di atas 260 °C.

Jadi, jangan berharap Anda dapat membunuh aflatoksin dengan cara dijemur dengan sinar Matahari dan suhu tinggi.

Dalam kehidupan, selain makanan berjamur yang mengandung aflatoksin, jika beberapa produk pati tidak ditempatkan di lingkungan dan dibersihkan di tempat, mereka juga dapat memburuk dan berjamur, dan kemudian menghasilkan aflatoksin!

Secara umum, jika Anda tidak ingin kanker hati menjangkiti Anda, Anda harus menjauhi semua makanan berjamur ini.(lidya/yn)

Sumber: jokerice