Anjing Terakhir di Toko Daging Diselamatkan: Anjing Bernama Lucky Diselamatkan dari Pembantaian Setelah Dia Terlihat Dirantai di Luar Toko di Tiongkok

Erabaru.net. Seekor anjing yang dirantai telah diselamatkan dari tukang daging di Tiongkok oleh para aktivis hewan beberapa saat sebelum disembelih.

Lucky akan dibunuh malam itu ketika penyelamat menyerbu toko daging anjing dan kucing di Yulin dan membujuk pemilik toko untuk membebaskan hewan yang dirantai itu, hanya beberapa minggu sebelum festival daging anjing tahunan di kota itu.

Akita adalah hewan terakhir pada hari itu yang akan disembelih dan menunjukkan tanda-tanda pernah menjadi hewan peliharaan seseorang, menunjukkan bahwa dia telah dicuri.

Selama penyelamatannya, bangkai anjing dan kucing terlihat tergantung di dekatnya yang menunjukkan kemungkinan nasib Lucky akan sama jika para aktivis tidak turun tangan.

Lucky dibawa ke tempat penampungan hewan yang didukung oleh Humane Society International yang menerima anjing-anjing yang diselamatkan dari perdagangan daging di Tiongkok.

Di Yulin, festival daging anjing titik balik Matahari musim panas diadakan setiap tahun meskipun ada protes dari aktivis hewan.

Diluncurkan pada tahun 2010 oleh pedagang daging anjing untuk mendongkrak penjualan, acara yang dimulai pada 21 Juni ini menarik ribuan pengunjung dari seluruh provinsi yang berkumpul untuk makan semur daging anjing dan daging anjing renyah di restoran dan kios kota.

Aktivis meminta pemerintah setempat untuk menghentikan pertemuan massal, untuk melindungi kesehatan masyarakat dan kesejahteraan hewan.

Rekaman yang diambil oleh badan amal itu juga menunjukkan kondisi tidak manusiawi yang mengerikan di mana anjing dikurung sebelum disembelih.

Hewan-hewan itu dipaksa untuk tinggal di kamar kumuh di balik jeruji besi sebelum mereka secara rutin dibunuh untuk perdagangan daging.

Liang Jia, seorang aktivis Guangxi, mengatakan: “Jalan-jalan Yulin relatif sepi sekarang, dan meskipun Anda dapat melihat beberapa toko daging anjing, kios dan rumah jagal anjing seperti biasa, itu tidak seberapa dibandingkan dengan tampilannya pada pertengahan Juni.”

“Sementara di tempat lain di Tiongkok, kota-kota dalam penguncian COVID-19, tidak masuk akal bagi pedagang daging anjing Yulin untuk diizinkan mendorong pengunjung untuk melakukan perjalanan melintasi provinsi dan ke dalam kota.”

“Selain kekejaman terhadap hewan yang mengerikan yang akan terjadi dengan ribuan anjing dan kucing dipukul sampai mati, itu adalah risiko kesehatan masyarakat yang jelas.”

“Pihak berwenang Yulin harus menganggap ini serius karena akan sangat memalukan jika festival daging anjing Yulin menjadi acara penyebar super.”

Kebanyakan orang di Tiongkok tidak makan anjing, dan bahkan di Yulin, jajak pendapat menunjukkan sebagian besar warga tidak makan anjing secara teratur meskipun ada upaya oleh pedagang daging anjing untuk mempromosikannya.

Penolakan terhadap perdagangan anjing tumbuh di Tiongkok, dan pada tahun 2020, Kementerian Pertanian dan Urusan Pedesaan membuat pernyataan resmi bahwa anjing adalah hewan pendamping dan bukan ‘ternak’ untuk dimakan.

Pada tahun yang sama, dua kota besar di Tiongkok daratan – Shenzhen dan Zhuhai – melarang konsumsi daging anjing dan kucing, sebuah jajak pendapat keputusan menunjukkan didukung oleh hampir 75 persen warga Tiongkok.

Dr. Peter Li, spesialis kebijakan Tiongkok untuk Humane Society International yang mendukung perawatan anjing yang diselamatkan dari perdagangan daging Tiongkok, mengatakan: “Beruntung telah lolos karena hanya satu bangkai anjing yang dijual di toko, yang berarti dia pasti sudah mati.

“Tapi Lucky hanyalah satu dari jutaan anjing yang menderita di tangan para pedagang anjing di seluruh Tiongkok, dan satu dari ribuan yang berakhir di Yulin untuk acara titik balik matahari musim panas.”

“Penolongnya mengatakan dia sangat ramah, terbiasa berjalan dengan tali dan dengan senang hati melompat ke belakang mobil para aktivis tanpa ragu-ragu, jadi tampak jelas bahwa dia pernah menjadi hewan peliharaan seseorang, dan memang banyak anjing yang dibunuh untuk diambil dagingnya, hewan peliharaan dicuri dari halaman belakang, di luar toko dan bahkan dari mobil.” (yn)

Sumber: dailymail