Salah Satu Rahasia Dokter di Rumah Sakit yang Tidak Akan Diberitahu pada Siapapun, Banyak Efek Penyembuhan dari Mentimun !

Erabaru.net. Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya baik untuk mencegah dehidrasi, buah yang sering dianggap sebagai sayuran ini juga bermanfaat untuk mencegah diabetes, dan anti kanker.

Manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh didapat dari zat antioksidan dan beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Selain itu, ketimun juga rendah kalori, tapi mengandung air dan serat yang cukup tinggi.

Berikut adalah sejumlah manfaat mentimun untuk tubuh:

  1. Mencegah dehidrasi. Kandungan air mentimun mencapai 96,7%, yang merupakan kandungan air tertinggi dari semua makanan, dan dapat mengisi kembali cairan tubuh dengan baik.
  2. Detoksifikasi. Mentimun yang kaya nutrisi baik untuk ‘membersihkan’ limbah dalam tubuh, dan sering memakannya juga dapat membantu mencegah batu ginjal.
  3. Vitamin. Mentimun kaya akan berbagai macam vitamin, seperti vitamin B, vitamin C dan sebagainya. Perlu diingat bahwa makan mentimun dengan kulitnya lebih baik untuk suplemen vitamin.
  4. Perawatan kulit. Mentimun kaya akan mineral seperti potasium, magnesium, dan silikon, yang baik untuk kesehatan kulit.
  5. Mencegah sembelit. Mentimun kaya akan air dan rendah kalori, yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Serat makanan di dalamnya dapat mencegah sembelit.
  6. Anti kanker. Mentimun mengandung tiga jenis lignan, yaitu isolaricin cincin terbuka, larchiferin, dan rosinol, yang dapat menurunkan risiko kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker rahim.
  7. Mencegah diabetes. Cucurbitacin dalam timun dipercaya mampu membantu mengelola pelepasan insulin dan metabolisme glikogen hati, serta hormon kunci dalam pemrosesan gula darah. Selain itu, serat dalam mentimun dapat membantu mencegah serta mengelola diabetes tipe 2. Indeks glikemik mentimun pun rendah sehingga aman untuk kadar gula darah.
  8. Nafas segar. Jus mentimun baik untuk menyembuhkan penyakit gusi, dan memakannya secara teratur dapat menyegarkan napas Anda.
  9. Kandungan sulfur dan silikon dalam mentimun membuat rambut lebih halus dan kuku lebih berkilau dan kuat. Sulfur di dalamnya juga bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut.
  10. Meredakan arthritis dan nyeri asam urat. Silikon dalam mentimun membantu meningkatkan kesehatan jaringan ikat sendi. Makan mentimun dengan jus wortel dapat mengurangi asam urat dan meredakan radang sendi dan nyeri asam urat.
  11. Mentimun mengandung vitamin B dan elektrolit dalam jumlah tinggi, mengisi kembali nutrisi penting yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan minum dan meredakan mabuk.
  12. Bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Mentimun mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan memiliki efek perlindungan pada ginjal.(lidya/yn)

Sumber: goez1