Pohon Kuno di Chili, Berusia Lebih dari 5000 Tahun, Mungkin Pohon Tertua di Dunia

Erabaru.net. Chili mungkin adalah rumah bagi pohon tertua di dunia. Ini menjadi perhatian setelah para ilmuwan mengetahui tentang keberadaan pohon kuno yang dikenal sebagai ‘kakek buyut’ yang berusia lebih dari 5000 tahun.

Para ilmuwan tidak dapat mengetahui usia pasti pohon itu karena batangnya yang besar. Sementara lingkaran kayu berukuran 1 meter diambil untuk menghitung lingkaran pohon, batang pohon tua ini memiliki diameter 4 meter.

Menurut Reuters, seorang ilmuwan Chili di Laboratorium Ilmu Iklim dan Lingkungan di Paris yang diidentifikasi sebagai Jonathan Barichivich memimpin penelitian untuk pohon ini. Dia mengatakan bahwa sampel yang mereka ekstrak dan metode penanggalan lainnya menunjukkan bahwa pohon tersebut berusia hingga 5.484 tahun.

“Metode ini memberi tahu kita bahwa 80% dari semua kemungkinan lintasan pertumbuhan memberi kita usia pohon hidup ini lebih dari 5.000 tahun,” kata Barichivich. “Hanya ada peluang 20% ​​bahwa pohon itu lebih muda.”

Untuk pemegang rekor saat ini, pohon pinus bristlecone berusia 4.853 tahun di California lebih muda lebih dari setengah milenium. “Jika seseorang membandingkannya dengan pohon-pohon yang sudah berumur di mana kita menghitung semua lingkaran pogon, itu akan menjadikannya salah satu pohon tertua yang hidup di planet ini,” kata Barichivich.

Meski pohon itu telah bertahan dari berbagai zaman, Jonathan takut pengunjung sering meninggalkan anjungan pengamatan, menginjak akar pohon, dan bahkan mengambil potongan kulitnya.

Dia mengatakan ada beberapa pohon seperti ini di AS tetapi lokasinya tersembunyi untuk menghindari kerusakan.(lidya/yn)

Sumber: indiatimes