Kelopak Mata Bengkak Karena Terlalu Banyak Minum Air Putih ? Belum Tentu, Mungkin Ada Hubungannya dengan 6 Penyakit Ini !

Erabaru.net. Dalam kehidupan, kelopak mata bengkak adalah fenomena umum, misalnya jika Anda minum terlalu banyak air sebelum tidur, Anda akan mengalami kelopak mata bengkak ketika Anda bangun keesokan harinya, situasi ini umumnya tidak memerlukan perawatan khusus dan akan pulih secara alami.

Namun, pada sebagian orang yang kelopak matanya selalu bengkak, keadaan ini perlu diwaspadai, mungkin ini ada kaitannya dengan penyakit tertentu, mari kita simak penyebab kelopak mata bengkak.

Lalu apa saja faktor yang berhubungan dengan pembengkakan kelopak mata?

  1. Minum berlebihan

Jika Anda minum terlalu banyak air sebelum tidur, air dalam tubuh tiba-tiba akan meningkat, dan jika tidak dikeluarkan tepat waktu, itu akan menumpuk di dalam tubuh, yang akan menyebabkan edema, dan kelopak mata relatif tipis, dan air adalah yang paling mungkin menyebabkan kelopak mata membengkak. Oleh karena itu, minum air, minum alkohol, dan makan buah dengan terlalu banyak air sebelum tidur dapat menyebabkan kelopak mata bengkak keesokan harinya.

  1. Penyakit ginjal

Karena ginjal merupakan organ metabolisme, maka cairan tubuh dan elektrolit dalam tubuh akan dimetabolisme oleh ginjal. Ketika fungsi ginjal terganggu maka akan mempengaruhi metabolisme air dalam tubuh. Kelopak mata bagian atas biasanya bengkak dan simetris.

  1. Penyakit jantung

Dalam kasus penyakit jantung yang parah, pembengkakan kelopak mata dapat disebabkan, seperti gagal jantung. Kurangnya suplai darah ke jantung pasien secara serius mempengaruhi operasi normal fungsi jantung. Situasi ini dapat dengan mudah menyebabkan edema tungkai bawah dan edema kelopak mata. .

  1. Penyakit mata

Kelopak mata bengkak juga berkaitan dengan penyakit mata, seperti penggunaan mata yang berlebihan, begadang, dan tidak memperhatikan kebersihan mata. Selain itu, penyakit mata seperti konjungtivitis, keratitis, dan butiran lemak juga dapat menyebabkan edema kelopak mata.

  1. Alergi

Sebagian dari itu adalah konstitusi alergi, dan mudah untuk alergi terhadap beberapa item di sekitar Anda, seperti kosmetik, bahan kimia, perhiasan, serbuk sari, bulu hewan, tungau, dll. dan beberapa alergi makanan, seperti makan ikan, udang, kepiting dan makanan laut lainnya. Gejala alergi akan muncul. Gejala alergi terutama kulit kemerahan, bengkak dan nyeri, gatal, dll. Oleh karena itu, kelopak mata bengkak juga berhubungan dengan alergi.

  1. Penyakit hati

Edema kelopak mata juga dapat berhubungan dengan penyakit hati, bila fungsi hati terganggu pada pasien dengan penyakit hati akan menyebabkan gangguan aliran balik vena, sirkulasi vena yang buruk di kelopak mata atas, metabolisme darah yang tidak normal, dan mempengaruhi sekresi protein, sehingga terjadi retensi air dalam tubuh, retensi protein, yang pada gilirannya menyebabkan kelopak mata atas bengkak.

  1. Diabetes

Jika penderita diabetes berada dalam keadaan gula darah tinggi dalam waktu lama dan metabolisme gula dalam tubuh terganggu, maka mudah menimbulkan gejala kelopak mata bengkak. Selain itu, bila diabetes digabungkan dengan komplikasi seperti penyakit ginjal, penyakit hati, dan penyakit jantung, fungsi ginjal, fungsi hati, dan fungsi jantung pasien menjadi tidak normal, yang juga dapat menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata dan tungkai bawah.

Kelopak mata bengkak mungkin terlihat sepele, tetapi sebenarnya ada risiko kesehatan tersembunyi yang besar di baliknya. Jika kelopak mata bengkak kadang-kadang terjadi dan gejalanya berlangsung dalam waktu yang singkat, hal itu mungkin disebabkan oleh begadang dan terlalu banyak minum air.

Umumnya, tidak diperlukan pengobatan. Anda dapat pulih sendiri setelah istirahat. Namun, jika kelopak mata sering bengkak, kemungkinan besar menderita penyakit tertentu, kita harus memperhatikannya, pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan yang relevan tepat waktu, dan memeriksa penyakit satu per satu, sehingga mencapai deteksi dini dan pengobatan dini.(lidya/yn)

Sumber: hker.life