7 Gejala Diabetes Tersembunyi, dan Anda Harus Segera Pergi ke Dokter Jika Menemui Gejala Berikut…

Erabaru.net. Anda tidak melihat diabetes di wajah siapa pun. Selain itu, gejala pada tahap awal seringkali tidak spesifik dan ‘tersembunyi’. Mengabaikan gejala diabetes terlalu lama dapat memiliki konsekuensi serius. Oleh karena itu, jika Anda menemui gejala-gejala berikut, cepat – cepat untuk pergi ke dokter.

Diabetes: apa itu?

Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi kadar insulin tubuh, yang mempengaruhi kadar gula darah. Beberapa gejala awal diabetes sering diabaikan atau dianggap tidak berbahaya. Namun, jika tidak diobati, mereka dapat menyebabkan penyakit semakin parah dan tubuh semakin melemah oleh penyakit sekunder seperti gagal ginjal. Sebaliknya, sebuah penelitian medis telah menunjukkan bahwa harapan hidup penderita diabetes meningkat jika semakin dini penyakit ini dikenali dan gejalanya diobati dengan tepat.

Ada dua jenis diabetes

Ada dua jenis penyakit: Diabetes tipe 1 sering didiagnosis pada masa kanak-kanak. Tubuh tidak dapat memproduksi insulin sendiri dan perlu menyuntikkan insulin. Diabetes tipe 2 lebih umum daripada tipe 1. Dalam hal ini, tubuh tidak dapat lagi memproduksi cukup insulin sendiri. Diabetes tipe ini seringkali merupakan akibat dari pola makan yang tidak sehat dan kurang olahraga.

Daftar berikut menunjukkan gejala yang bersama-sama dapat mengindikasikan diabetes. Jika satu atau lebih gejala muncul, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

  1. Rasa haus yang tak terpadamkan dan sering buang air kecil

Rasa haus yang berlebihan merupakan gejala khas diabetes. Penyebab rasa haus adalah ginjal yang tidak dapat mengatur kadar gula dalam tubuh secara memadai. Dengan cara ini, gula dikeluarkan ‘tanpa filter’ melalui urin. Akibatnya Anda merasa dehidrasi dan pada saat yang sama harus ke toilet sepanjang waktu. Rata-rata, setiap orang pergi ke toilet 6 hingga 7 kali. Jika kandung kemih meremas lebih dari 10 kali sehari tanpa ada infeksi kandung kemih, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

  1. Kelelahan dan pusing

Diabetes menyebabkan kekurangan energi. Tubuhnya lemah dan tidak bisa bekerja. Bahkan sampai menyebabkan pusing. Tentu saja, Anda harus selalu melihat gejala kelelahan dalam konteksnya. Namun, jika kelelahan meningkat dan terjadi bersamaan dengan tanda-tanda lain, itu bisa menjadi indikator diabetes.

  1. Penglihatan kabur

Jika tidak ada penyakit mata atau gangguan penglihatan, bidang penglihatan yang terdistorsi dapat mengindikasikan diabetes. Hal ini disebabkan pembengkakan pada bagian mata yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Garis lurus menjadi miring dan dunia terlihat buram. Ketika diabetes diobati, mata rileks dan penglihatan normal kembali.

  1. Kulit kering

Kandungan gula dalam darah juga berpengaruh pada bagaimana kulit terasa. Ketika tidak ada cukup insulin dan kelebihan gula dikeluarkan melalui kandung kemih, ada kekurangan air di sel-sel kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan gatal.

  1. Hilangnya nafsu makan dan rasa lapar

Hilangnya nafsu makan dan rasa lapar bisa menjadi gejala diabetes yang tersembunyi. Di satu sisi, kadar gula darah yang tinggi membuat Anda merasa sakit dan tidak nyaman. Di sisi lain, insulin bertindak sebagai ‘hormon pengisi’ pada orang sehat: tubuh tahu bahwa dia telah mengonsumsi cukup makanan.

  1. Penyembuhan luka yang lambat

Salah satu gejala diabetes yang paling tidak menyenangkan: Penyembuhan luka pada penderita diabetes terganggu. Kadar gula darah yang tinggi memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan peradangan di tempat yang terluka. Akibatnya, luka sembuh lebih lambat daripada orang sehat.

  1. Mati rasa

Secara umum, sirkulasi darah melambat pada diabetes. Hal ini dapat menyebabkan kesemutan dan bahkan mati rasa pada tangan dan kaki. Karena anggota badan paling jauh dari jantung, area tubuh ini sangat terpengaruh oleh kurangnya suplai darah.

Sungguh menakjubkan betapa besarnya pengaruh kadar gula darah terhadap kesehatan tubuh. Jika Anda melihat satu atau lebih dari gejala yang dijelaskan, Anda harus memeriksakan nilai darah Anda. Semakin dini Anda mengenali diabetes, semakin baik Anda dapat mengobatinya dan semakin baik Anda belajar mengelolanya sendiri.(lidya/yn)

Sumber: stimmung