Ghillie Dhu, Peri Hutan dalam Cerita Rakyat Skotlandia

Erabaru.net. Ghillie Dhu, atau Gille Dubh adalah peri laki-laki penyendiri dalam cerita rakyat Skotlandia. Diusir oleh Ratu Peri, membuat dirinya tinggal sendirian di pedesaan dekat pemukiman manusia.

Dia baik dan pendiam, terkadang berwatak liar, tetapi memiliki pengabdian yang lembut kepada anak-anak.

Namun, dia bisa agresif kepada siapa saja yang memasuki wilayahnya. Dia lebih suka pohon birch daripada semua pohon lainnya, dan paling aktif di malam hari. Dalam pengetahuan, roh penyendiri ini dikatakan tidak makan daging, jadi makanannya terdiri dari buah beri dan kacang-kacangan.

Cerita lain menunjukkan bahwa Ghillie Dhu sebenarnya bisa menjadi makhluk agresif yang sangat tidak menyukai manusia. Jika Anda berjalan di hutan pada malam hari, Ghillie Dhu akan melingkarkan lengannya yang panjang di sekitar Anda, meremas Anda, dan memenjarakan Anda selamanya.

Yang lain mengatakan itu hanya menghancurkan Anda menjadi kompos untuk membantu hutan tumbuh.

Berambut gelap dan berpakaian dedaunan dan lumut, dia tinggal di Hutan Birch di daerah Gairloch and Loch a Druing di dataran tinggi barat laut Skotlandia, dan dia terutama terlihat di bagian akhir abad ke-19.

Hutan berada di lereng di sepanjang daerah perbukitan, sekitar 3,2 kilometer dari tempat Mercusuar Rua Reidh kemudian dibangun.

Seperti cerita, suatu malam musim panas seorang anak muda lokal bernama Jessie Macrae mengembara ke hutan dan tersesat. Jessie ditemukan oleh Ghillie Dhu yang menjaganya sampai keesokan paginya ketika dia membawanya pulang.

Selama empat dekade peri sering terlihat oleh banyak orang yang berbeda tetapi Jessie adalah satu-satunya orang yang berbicara dengannya.

Umumnya berpenampilan acak-acakan, dia menggunakan lumut hijau dan dedaunan yang diambil dari pohon sebagai pakaian.

Seperti tersirat dari namanya, dia memiliki rambut hitam dan bertubuh kecil. Faktanya, Ghillie adalah padanan bahasa Inggris dari kata Gaelik Skotlandia gille. Edward Dwelly, seorang leksikografer Skotlandia, mencantumkan gille sebagai “laki-laki”, “pemuda” atau “anak laki-laki” dengan terjemahan dubh sebagai “gelap” atau “berambut gelap”.

Tak lama setelah episode dengan Jessie, sekelompok pejabat Mackenzie diundang oleh pemilik tanah, Sir Hector Mackenzie dari Gairloch, untuk berkumpul untuk berburu dan menangkap Ghillie Dhu.

Tim yang terdiri dari lima pemburu berkumpul di rumah salah satu penyewa Mackenzie di mana mereka diberi makan malam sebelum memulai misi mereka untuk menembak makhluk itu.

Meskipun mencari secara ekstensif sepanjang malam, para pemburu tidak dapat menemukan mangsanya.

Dan Ghillie Dhu tidak pernah terlihat lagi.(lidya/yn)

Sumber: random-times