Ibu Nonuplet Berbicara Tentang Melahirkan Banyak Bayi Sekaligus

Erabaru.net. Satu-satunya ibu di dunia yang melahirkan kembar sembilan telah membuka diri tentang bagaimana rasanya memiliki keluarga yang begitu besar.

Halima Cissé melahirkan sembilan bayi – lima perempuan dan empat laki-laki – pada 4 Mei 2021 lalu. Dia meraih Guinness World Record untuk anak yang paling banyak dilahirkan dalam satu kelahiran dan bertahan hidup.

Berasal dari Mali, Halima melahirkan di Maroko setelah pemerintah negaranya menerbangkannya ke sana untuk memastikan dia menerima perawatan spesialis yang dia butuhkan.

Pemindaian sebelum kelahiran menunjukkan dokter hanya melihat tujuh bayi. Namun, ketika dia melahirkan melalui operasi caesar sembilan bayi kecil dengan berat 500g hingga 1kg dilahirkan.

Dalam percakapan dengan BBC, Halima berkata: “Anak-anak saya tidak tidur pada waktu yang sama. Beberapa tidur sedikit lebih lambat, ketika yang lain bangun.”

“Menyusui itu tidak mudah. Ketika kami di rumah sakit, saya menggunakan pompa payudara,” tambahnya.

Keluarga tersebut menggunakan rata-rata 45 popok setiap hari dan 15 kg susu setiap minggu.

Sang ayah, Abdelkader Arby, mengatakan kepada BBC: “Kami mencoba mengatur diri kami sendiri. Dari jam 10 pagi, bayi biasanya berada di ruang tamu yang dilengkapi TV. Mereka suka kartun dan ketika Anda memutarnya, mereka tenang.”

Tahun lalu, Halima mengatakan kepada Daily Mail: “Ketika bayi-bayi itu keluar, ada begitu banyak pertanyaan di benak saya. Saya sangat menyadari apa yang sedang terjadi dan sepertinya ada aliran bayi yang tak ada habisnya keluar dari saya. Kakak perempuan saya memegang tangan saya, tetapi yang dapat saya pikirkan hanyalah bagaimana saya akan menjaga mereka dan siapa yang akan membantu saya?”

Abdelkader mengatakan kepada Daily Mail: “Bersama sebagai keluarga adalah hal terbaik di dunia, dan kami bersyukur kepada Tuhan sepanjang waktu. Yang paling penting adalah kita semua aman dan baik-baik saja, dan berada di tangan yang tepat.”

Anak laki-laki diberi nama Oumar, Elhadji, Bah dan Mohammed VI dan anak perempuan diberi nama Adama, Oumou, Hawa, Kadidia, dan Fatouma. Mereka juga memiliki kakak perempuan Souda, yang berusia tiga tahun.

Halima menambahkan, “Sungguh menakjubkan melihat anak-anak sehat. Pada awalnya, itu sulit karena mereka sangat prematur.” (lidya/yn)

Sumber: indiatimes