Koki Mengajari Anda Cara Mencuci Iga yang Benar, Semua Darah dan Kotoran Hilang, Rasanya Juga Tambah Lezat

Erabaru.net. Iga adalah makanan umum dengan nilai gizi tinggi, baik dimasa sup atau dibakar. Jika kita ingin membuat iga yang enak, langkah pembersihan ini sangat penting, karena akan banyak darah dan kotoran yang tertinggal di dalamnya, yang akan mempengaruhi rasanya!

Namun, banyak orang hanya mencuci iga dengan air setelah mereka membelinya dari pasar, atau merendamnya dalam air garam untuk sementara waktu, berpikir bahwa mereka dapat membersihkan darah dan kotoran, tetapi ini tidak sepenuhnya membersihkan kotoran di iga.

Selanjutnya saya akan kasih tau rahasia cara membersihkan iga yang benar dan sangat praktis!

Biasanya jika kita membeli iga, kita ingin pedagang langsung membantu memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Permukaan iga pasti akan ada debu dan kotoran lainnya yang menempel di permukaan. Saat musim panas akan ada banyak nyamuk, dan bahkan ada banyak bakteri yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Setelah membeli iga, pertama-tama kita letakkan iga ke dalam panci, lalu kita tuangkan sedikit garam, sedikit cuka putih, lalu tambahkan air hangat sampai menutupi permukaan. Suhu air harus dikontrol sekitar 40 derajat. Itu adalah air hangat.

Ingatlah untuk tidak menggunakan yang sangat panas untuk mencuci iga, air yang terlalu panas akan membuat darah cepat mengeras, sehingga tidak mudah dibersihkan. Juga Jangan gunakan air dingin, karena air dingin akan menyebabkan lemak pada iga cepat menggumpal, sehingga semakin sulit dibersihkan.

Garam dapat mendesinfeksi dan mensterilkan, dan cuka putih dapat menghilangkan bau amis dari iga, jadi biarkan meresap selama sekitar 10 menit.

Selama proses perendaman tulang rusuk, banyak darah akan mengendap. Selama waktu ini, air juga dapat diganti.

Selanjutnya kita tuang satu sendok makan tepung ke dalam iga, lalu gosok masing-masing iga dengan tangan sebentar. Tepung tersebut memiliki efek adsorpsi yang baik. Kita akan melihat bahwa warna tepung akan menjadi lebih gelap. Lalu kotoran pun akan turun.

Setelah menggosok selama sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air dua kali, sehingga iga menjadi sangat bersih dan siap untuk dimasak.

Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda.(lidya/yn)

Suber: bignews365