Media Sosial Membunuh Pohon Paling Kesepian di Thailand

Erabaru.net. “Pohon paling kesepian” di Thailand, pohon soliter yang tumbuh di pulau berbatu yang hanya berdiameter beberapa meter, sedang terancam secara serius oleh gerombolan turis yang putus asa untuk berfoto selfie dengannya.

Sebidang tanah kecil yang terletak di lepas pantai timur negara itu, di Provinsi Trat, telah dijuluki ‘Koh Khai Hua Roh’ karena terlihat mirip dengan pulau yang ditampilkan dalam gambar adegan lucu yang melibatkan seorang pria dan seorang wanita yang terperangkap di sebuah pulau di komik populer Khai Hua Roh.

Pulau tak berpenghuni ini cukup menarik untuk dilihat, karena merupakan rumah bagi pohon taban soliter (Xylocarpus rumphii) yang bertahan hidup meskipun dikelilingi oleh air asin. Sayangnya, popularitas pohon itu mungkin hanya kematiannya…

Organisasi Administratif Koh Mak Tambon memimpin tim wartawan Thailand ke Koh Khai Hua Roh untuk mengamati pohon paling kesepian di negara itu. Mereka tahu bahwa foto-foto pohon soliter yang dibagikan di media sosial telah menarik semakin banyak wisatawan ke pulau itu, tetapi mereka tidak tahu berapa banyak kerusakan yang dapat dihasilkan.

Menurut The Nation, baik pulau maupun pohonnya telah rusak parah oleh wisatawan. Beberapa cabang kecil pohon ditemukan patah, akar pohon yang terbuka tampak telah terinjak hingga penutup luarnya terkelupas, dan batangnya tampak lebih miring daripada beberapa tahun yang lalu.

Pulau Koh Khai Hua Roh sangat kecil sehingga hanya dapat menampung hingga lima orang sekaligus, tetapi pihak berwenang setempat mengakui bahwa turis yang kecanduan selfie terkadang berduyun-duyun ke sana dalam jumlah yang jauh lebih banyak, bahkan ada yang memanjat pohon yang rapuh.

Organisasi Administratif Koh Mak Tambon berencana untuk memulai kampanye pendidikan dengan harapan mengajarkan orang-orang untuk melestarikan landmark ikonik seperti pohon paling sepi di Thailand. Ia juga berencana untuk mengambil tindakan yang lebih drastis, seperti membatasi jumlah wisatawan yang diizinkan untuk mengunjungi pulau itu dan membuat pulau itu hanya dapat diakses pada musim-musim tertentu.

Satu hal yang pasti, pohon soliter pulau Koh Khai Hua Roh berada dalam kondisi yang jauh lebih baik sebelum menjadi terkenal di Instagram.(lidya/yn)

Sumber: odditycentral