Bagaimana Batu Empedu Muncul ? Mengapa Orang Bisa Memiliki Batu Empedu ?

Erabaru.net. Kunci untuk mencegah penyakit adalah dengan menjaga kebiasaan hidup yang baik. Namun, banyak orang dalam hidup tidak memperhatikan metode yang tepat dalam hal diet, olahraga, dll. dan perilaku buruk mempengaruhi kesehatan kantong empedu, yang dapat menyebabkan batu empedu.

Batu empedu adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya batu di kandung empedu dan saluran empedu. Selama proses penyakit, pembentukan batu akan merangsang mukosa kandung empedu, dan juga menyebabkan infeksi lokal dan peradangan kronis.

Nah, bagaimana agar kita bisa terhindar dari batu empedu?

  1. Jangan melewatkan sarapan

Munculnya batu empedu erat kaitannya dengan melewatkan sarapan, ada yang sering tidur larut malam, atau melewatkan sarapan untuk mengontrol berat badan, namun mereka tidak mengetahui bahwa diet tiga kali makan adalah kunci untuk menjaga fungsi normal sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan dan menjaga kesehatan kandung empedu. .

Dalam kasus melewatkan sarapan, konsentrasi empedu akan meningkat, kolestasis tidak dapat disekresikan dengan lancar, dan kristal kolesterol diendapkan setelah kekentalan meningkat. Untuk menghindari situasi ini, Anda harus makan tiga kali sehari secara teratur, dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda tepat waktu.

  1. Kurang olahraga

Terjadinya batu empedu berkaitan dengan kurangnya olahraga pada waktu-waktu biasa. Untuk menjaga kesehatan, Anda harus memperkuat olahraga dan meningkatkan daya tahan melalui olahraga yang cukup. Setelah berolahraga, sirkulasi dan metabolisme tubuh menjadi lebih cepat, yang juga dapat meningkatkan kontraksi, kemampuan otot kandung empedu dan meningkatkan pengosongan empedu.

Jika Anda suka diam dan tidak bergerak, Anda memiliki sedikit aktivitas fisik dan aktivitas fisik yang tidak mencukupi, kemampuan otot kandung empedu untuk berkontraksi berkurang, dan pengosongan empedu tertunda, dan mungkin ada kolestasis.Dalam jangka panjang, lokal zat kristal diendapkan, dan akumulasi terus menerus dapat menyebabkan batu empedu. Tingkatkan kebugaran fisik melalui olahraga.

  1. Diet tinggi kalori menyebabkan obesitas

Sangat penting untuk memahami penyebab batu empedu dan secara aktif mencegahnya. Diet tinggi kalori jangka panjang beberapa orang, selain menambah berat badan, memiliki prevalensi penyakit kronis yang tinggi, dan juga akan memberi peluang pada batu empedu. Camilan dan minuman tinggi lemak, tinggi gula dan tinggi kolesterol akan meningkatkan tekanan pencernaan tubuh, penumpukan lemak akan membuat tubuh lebih gemuk, dan batu empedu lebih mungkin muncul di bawah pengaruhnya.

Obesitas itu sendiri merupakan dasar penting untuk patogenesis batu empedu. Ditemukan bahwa berat badan tidak terkendali. Jika ada obesitas, Anda harus menurunkan berat badan tepat waktu. Hanya jika berat badan dijaga dalam kisaran standar, penyakit ini dapat disembuhkan. dihindari.

  1. Efek penyakit liver

Terjadinya batu empedu tidak dapat disangkal bahwa hal itu terkait dengan perkembangan penyakit hati yang serius.Hal ini diperlukan untuk menjaga kesehatan yang baik dan meningkatkan fungsi hati.Namun, semakin banyak orang menjadi sasaran sirosis hati, degenerasi luas dan nekrosis hati. Penurunan kemampuan tubuh untuk menonaktifkan estrogen menyebabkan peningkatan kadar estrogen.

Selain itu, batu empedu juga dapat terjadi di bawah pengaruh kombinasi dari sirosis hati yang parah, penurunan kontraktilitas kandung empedu, pengosongan yang buruk, peningkatan kadar bilirubin, dan varises kandung empedu.(lidya/yn)

Sumber: bignews365