Awas ! Ada Power Bank Buatan Tiongkok yang Dapat Berfungsi Sebagai Penyadap dan GPS

Erabaru.net. Dengan semakin banyaknya orang bergantung pada fungsi perangkat elektronik, power bank atau bank daya telah menjadi kebutuhan, tetapi Anda harus berhati-hati dengan power bank ‘mata-mata yang diproduksi di Tiongkok.

Pada 27 Juli, akun resmi WeChat ‘Ban Yue Tan’ melaporkan bahwa power bank yang mengintegrasikan penyadapan, penentuan posisi, dan fungsi lainnya telah muncul di pasar Tiongkok.

Dengan menggunakan kartu SIM internal dalam perangkat, alat tersebut sudah dapat diubah menjadi ‘perangkat penyadap’. Dan ‘Penentu posisi atau GPS’ untuk memantau, menguping pembicaraan dari jarak jauh dan secara akurat menemukan di mana pengguna sedang berada dan lagi melakukan apa.

Media di Tiongkok dalam pengusutannya menemukan bahwa power bank ‘mata-mata’ tersebut memiliki berbagai macam warna dan model, dengan harga berkisar antara 300 yuan- 600 yuan (sekitar Rp 700 ribu hingga 1.4 juta), tetapi semuanya memiliki fungsi yang sama seperti pemantauan dan perekaman jarak jauh, penentuan posisi dan lainnya.

Perangkat itu dapat dibeli lewat beberapa platform e-commerce. Begitu power bank ini disalahgunakan oknum, maka kehidupan pribadi pengguna akan berada dalam keadaan ‘siaran langsung’.(sin/yn)

Sumber: NTDTV