Permen Karet Eksperimental Diduga Dapat Menjebak Virus Corona di Air Liur Anda

Erabaru.net. Para peneliti dilaporkan telah mengembangkan permen karet eksperimental yang dapat menjebak partikel Covid-19 dalam air liur, sehingga membatasi penularan virus.

Para peneliti di School of Dental Medicine di University of Pennsylvania telah mengerjakan jenis permen karet khusus yang dapat meminimalkan penularan dan infeksi Covid-19.

Menurut sebuah makalah baru-baru ini yang diterbitkan dalam Biomaterials Journal, permen karet eksperimental mengandung salinan protein ACE2 yang ditemukan pada permukaan sel, yang digunakan Virus Corona untuk membobol sel dan menginfeksinya.

Dalam percobaan tabung reaksi, para peneliti menemukan bahwa partikel virus dari varian Delta atau Omicron menempel pada “reseptor” ACE2 dalam permen karet, menyebabkan viral load (jumlah virus) dalam air liur turun ke tingkat yang tidak terdeteksi.

“Karena penularan melalui hidung dapat diabaikan jika dibandingkan dengan penularan melalui mulut, mengunyah permen karet ACE2 dan menelan protein ACE2 harus meminimalkan infeksi, melindungi pasien COVID-19, dan mencegah penularan,” kata pemimpin penelitian Dr. Henry Daniell.

“Perangkap virus” ini, sebagaimana para peneliti merujuk pada permen karet eksperimental, mengandung protein ACE2 yang dibawa dengan sel selada yang direkayasa, tetapi jenis kedua yang dibuat dengan bubuk kacang ternyata mampu menjebak strain influenza, virus corona yang menyebabkan flu biasa, dan virus mulut lainnya.

Sebelum Anda bersemangat, Anda harus tahu bahwa permen karet eksperimental belum menjalani uji klinis. Namun, ini sudah direncanakan, dengan pasien COVID-19 dijadwalkan untuk masing-masing mengunyah empat tablet permen karet ACE2 setiap hari selama empat hari.

Jika uji klinis membuktikan bahwa pengobatan itu layak, para peneliti yakin bahwa permen karet eksperimental dapat terbukti menjadi aset nyata dalam perang melawan pandemi yang sedang berlangsung.(lidya/yn)

Sumber: odditycentral